Minggu, 27 Januari 2013

Cara Menginstal Linux Debian 5 Menggunakan VirtualBox

Bagi kalian yang ingin mencoba menginsal Linux Debian namun kalian takut mempraktekkannya secara langsung pada computer kalian karena takut merusak system OS lama kalian, kamu bisa mempraktekkannya dengan menggunakan VirtualBox,jika kalian belum memiliki VirtualBox kamu bisa download disini.

Dan sekarang kita akan mulai mencoba menginstal Linux Debian Menggunakan VirtualBox
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
 
1.Buka Installer Virtual Box - Lalu Pilih Next 


2. Memilih Tempat Instalasinya, lalu pilih Next
 
3.Pilih di mana saja anda akan membuat shortcut di buat,lalu pilih
   Next.
 
4.Biasanya akan muncul peringatan bahwa koneksi ke jaringan akan diputus sementara apabila sedang koneksi Internet. Klik saja Yes
 

5. Klik Install untuk memulai proses instalasi.



6.Jika UAC muncul, klik saja Yes.


7. Sampai disini Anda sudah berhasil menginstall VirtualBox. Klik Finish untuk menjalankan program VirtualBox.
 

Setelah selesai menginstal VirtualBox sekarang tingal Membuat data penyimpanan untuk Linux Debian pada software VirtualBox tersebut dan langkah-langkahnya seperti di bawah ini :
Klik next untuk melanjutkan installasi

Isi nama, lalu plih OS yang akan digunakan dan versinya, cntoh disini memakai OS Linux dan vesi Debian
pilih kapasitas memory yang akan digunakan, lalu next

Checklist Boot Hard Disk dan create new hard disk

Lalu klik next

Untuk storage type pilih dinamically expanding storage, lalu next
Pilih ukuran harddisk yang akan digunakan untuk ubuntu nanti, disini saya pilih 8GB, lalu next

Klik finish

Klik setting pada homescreen "virtual box

lalu pada system kita checklist CD/DVD-ROM sebagai boot order

Setelah itu klik storage , dan klik yang seperti gambar CD disamping IDE Controller

Klik choose disk

Maka akan muncul tampilan seperti ini, lalu pilih file ISO yang akan diinstall, disini saya mnginstall ubuntu, klik ubuntu

Setelah ada tampilan seperti ini lalu klik ok

Lalu klik start

Klik ok

Setelah selesai menginstall VirtualBox-nya sekarang kita akan memulai penginstalan Linux Debiannya dan langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.Boot komputer, laptop atau notebook pada BIOS harus diatur DVD-ROM yang booting pertama. Setelah itu masukkan DVD Debian 5.0 ke dalam DVD ROOM, lalu Simpan pengaturan pada BIOS.

2.  Pilih menu install untuk melanjutkan menginstal Debian 5 Lenny, atau menu graphical install untuk mencicipi instalasi Debian 5 Lenny dengan grafik yang berbeda. Sebaiknya gunakan install biasa, karena dapat mempercepat proses installasi.



3.Proses pertama adalah memilih bahasa. Pilih bahasa yang menurut anda mudah untuk melanjutkan instalasi. Sebaiknya pilih bahasa inggris.

4. Setelah selesai memilih bahasa, akan masuk untuk memilih negara, keyboard.
a. Other > Asia > Indonesia
b. Untuk keyboard gunakan Default saja.




5. Selanjutnya adalah scanning cd room, memuat komponen tambahan dan scanning hardware.

6. Pada proses selanjutnya adalah proses konfigurasi jaringan DHCP. Anda bisa membatalkan proses ini, dan mengatur konfigurasinya secara manual. Karena, proses ini membutuhkan koneksi internet jika kita mengaturnya secara otomatis.

7. Selanjutnya, pemilihan waktu:

8.Proses selanjutnya akan menuju proses pemartisian harddisk.

9.Kemudian scanning hard disk dan memilih partisi hard disk yang akan dipasangi Debian 5 Lenny. Gunakan ext2 untuk /home dan ext3 untuk /root, serta Swap Area untuk membantu RAM. Setelah melakukan pilihan pada hard disk, dan menentukan titik mounting hard disk tersebut, lanjutkan dengan memilih selesai memilih partisi hard disk.





Proses selanjutnya adalah format partisi hard disk yang telah dipilih, serta format partisi hard disk yang digunakan sebagai swap. Setelah formating, proses selanjutnya adalah memasang sistem dasar pada partisi yang telah dipilih.



10. Proses berikutnya adalah menentukan password untuk root, Nama lengkap anda, nama user anda, dan password user.

 






 



 

11.Proses selanjutnya adalah konfigurasi pengelola paket. Pada proses ini, akan anda scanning DVD Debian yang lain, atau lebih tepatnya Repository Debian. Jika anda memiliki 4 DVD Repo Debian, anda bisa memilih untuk scan DVD yang lain, dengan cara memilih Yes. Setelah anda selesai scanning semua DVD Debian, masukkan kembali DVD Debian Disk 1, untuk melanjutkan konfigurasi pengelola paket.

 


 

12. Setelah proses konfigurasi selesai, maka anda akan disediakan pilihan paket Debian yang akan anda install. Secara default, paket yang terinstal adalah Debian Desktop. Anda bisa memilih paket lain dengan cara memilihnya menggunakan tombol spasi. Setelah selesai memilih paket, tekan enter untuk melanjutkan instalasi dan memasang paket yang telah anda pilih.